Pengertian Manajemen (Pengantar Manajemen)

  • August 16, 2019

Secara umum, manajemen juga dipandang sebagai disiplin yang mengajarkan tentang proses pencapaian tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan berbagai orang atau sumber yang dimiliki organisasi.

Dalam hal ini, manajemen dibagi menjadi 3 bentuk fitur, yang meliputi:

Suatu proses atau serangkaian kegiatan yang sedang berlangsung dan terkait.

Terlibat dan berkonsentrasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Dapatkan hasil ini dengan bekerja dengan beberapa orang dan menggunakan sumber daya yang dimiliki organisasi.

Manajemen adalah suatu proses perencanaan (perencanaan), organisasi, organisasi (organisasi), arahan (aksi / arahan) dan pengawasan (kontrol) dalam konteks upaya untuk menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Mengapa manajemen diperlukan?

Secara khusus, ada tiga alasan utama perlunya manajemen dalam organisasi, yaitu:

Dengan mencapai tujuan, administrasi memfasilitasi pencapaian tujuan organisasi dan pribadi.

Dengan menjaga keseimbangan antara tujuan yang saling bertentangan, manajemen menyeimbangkan tujuan dan kegiatan yang saling bertentangan antara pemangku kepentingan organisasi (pemangku kepentingan), seperti pemilik, karyawan, konsumen, pemasok, dan lainnya.

Mencapai efisiensi dan efektifitas, efisiensi dan efektifitas adalah ukuran pencapaian organisasi.

Teori manajemen klasik.

Menurut Robert Owen (1771-1858): Owen menekankan peran sumber daya manusia sebagai kunci keberhasilan perusahaan. Latar belakangnya adalah bahwa kondisi dan kondisi kerja tidak memadai, di mana kondisi kerja sebelumnya dan kehidupan pekerja pada saat itu sangat buruk. “

Owen percaya bahwa dengan memperbaiki kondisi kerja atau berinvestasi dalam sumber daya manusia, perusahaan dapat meningkatkan produksi dan keuntungan. Selain itu, Owen juga memperkenalkan sistem evaluasi terbuka dan dilakukan setiap hari. Dengan cara ini, manajer diharapkan dapat menemukan masalah dengan cepat.

Owen menyimpulkan bahwa manajer harus menjadi pembaru. Dia melihat peran pekerja sebagai sesuatu yang sangat penting sebagai aset perusahaan. Pekerja bukan hanya input, tetapi sumber daya perusahaan yang signifikan. Ini juga meningkatkan kondisi pekerjanya, dengan membangun perumahan yang lebih baik. Dia juga mendirikan toko, di mana para pekerja tidak memiliki masalah dan dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga murah. Ini juga mengurangi jam kerja dari 15 jam menjadi 10,5 jam, dan menolak pekerja di bawah 10 tahun.

Teori manajemen ilmiah

Menurut Frank B dan Lillian M. Gilbreth (1868 – 1924 dan 1878 – 1972): Menurut Frank, gerakan yang dapat dihilangkan akan mengurangi kelelahan. Semangat kerja akan meningkat karena secara fisik bermanfaat bagi karyawan. Saat ini, Lilian berkontribusi pada bidang psikologi industri dan manajemen personalia. Dia percaya bahwa tujuan akhir manajemen ilmiah adalah membantu pekerja mencapai potensi penuh mereka sebagai manusia. “

Manajemen sebagai sebuah profesi

Manajemen dilakukan oleh semua orang, dari perusahaan, organisasi dan oleh dirinya sendiri, baik sebagai kepala perusahaan, organisasi dan lain-lain. Kemudian seseorang yang memiliki profesi, ia akan mengatur kesuksesan yang diinginkan.

Careen

E-mail : admin@roflcopter.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*